Manfaat Lampu Petunjuk dalam Pesawat dan Panduan Keselamatan di Pesawat





Tidak ada orang yang menginginkan perjalanannya terhambat dengan adanya gangguan. Namun kejadian semacam ini bisa saja terjadi karena ada banyak faktor. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memahami panduan keselamatan di pesawat dan mengetahui manfaat lampu petunjuk dalam pesawat agar bisa lebih sigap jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Mengetahui sesuatu lebih awal dan lebih siap bukan hanya akan memudahkan Anda tetapi juga bisa membantu Anda untuk menolong orang lain yang ada bersama Anda.

Dengar Instruksi dengan Baik

Di setiap penerbangan, pramugari akan memberikan prosedur keselamatan sebelum terbang. Perhatikan setiap instruksi dengan baik. Terkadang banyak penumpang yang menganggap remeh hal ini dan malah asyik dengan kesibukan mereka sendiri. Kalau Anda sudah tahu prosedur keselamatan semacam ini, paling tidak biarkan penumpang yang lain berkonsentrasi dengan arahan pramugari tanpa harus terganggu dengan aktivitas Anda terlebih jika Anda malah memilih untuk ngobrol dengan teman seperjalanan Anda.

Selain mendengarkan arahan dari pramugari, Anda juga bisa melihat kartu petunjuk keselamatan yang ada di kursi masing-masing penumpang. Di dalam kartu itu diulas secara singkat mengenai panduan apa yang harus Anda lakukan di situasi yang darurat. Termasuk di dalamnya letak dari benda-benda yang Anda perlukan dan juga letak lampu petunjuk dalam pesawat yang akan menyala ketika terjadi kondisi tertentu

Hitung Baris Bangku Menuju Pintu Darurat

Menghitung baris bangku menuju pintu darurat bukan berarti bahwa Anda berpikir terlalu jauh, tetapi Anda hanya melakukan antisipasi. Sebab, saat terjadi keadaan darurat Anda butuh keputusan yang cepat dan kadang karena kurang persiapan dan panik Anda malah tidak bisa membuat keputusan yang tepat. Maka dari itu, Anda harus bisa mempersiapkan segala sesuatunya termasuk menghitung berapa banyak kursi yang harus Anda lalui untuk bisa sampai ke pintu daurat. Walaupun lampu petunjuk menyala ketika situasi darurat, namun karena ada banyak orang yang berdesakan, terkadang sinar lampu menjadi tidak kelihatan. Dengan mengetahui jarak hingga ke pintu darurat maka Anda bisa lebih cepat sampai dan memandu penumpang yang lain.


Peragakan Posisi Benturan

Anda juga bisa memperagakan gerakan yang ada di dalam kartu petunjuk keselamatan. Dengan memperagakan, Anda jadi bisa lebih ingat hal apa yang harus Anda lakukan ketika benar terjadi kondisi darurat semacam ini. Sebab pastinya Anda tidak akan punya waktu untuk melihat kartu tersebut untuk mempelajarinya kembali.

Tinggalkan Barang Berharga

Sebelum terbang, pastikan semua dokumen penting Anda sudah masuk dan menjadi satu dalam pouch atau tas kecil. Dokumen seperti KTP, kartu identitas lainnya, paspor, uang tunai dan kartu kredit serta dokumen lainnya yang sudah masuk ke dalam kantong atau tas kecil bisa langsung Anda bawa ketika evakuasi. Tinggalkan barang Anda yang berat. Utamakan keselamatan Anda.

Merunduk Saat Ada Asap

Untuk menghindari sesak napas ketika terdapat kepulan asap di dalam kabin pesawat, berjalanlah dengan merunduk. Usahakan posisi kepala Anda lebih rendah dari asap. Jika Anda memiliki sapu tangan, basahi dan kemudian gunakan untuk menutup hidung dan mulut. Jika tidak punya air, maka sapu tangan kering Anda pun masih bisa membantu. Saat kebakaran terjadi dan ada banyak asap, oksigen sebenarnya masih ada, hanya saja intensitasnya berkurang dan posisinya ada di bawah hingga ke dekat kaki. Untuk itulah mengapa orang sering diminta berjalan serendah mungkin untuk bisa lebih dekat dengan oksigen. Jangan khawatir akan menabrak, ikuti saja lampu petunjuk dalam pesawat yang menyala di lantai kabin untuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan Anda.

Lygia Pecanduhujan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar